Rabu, 08 November 2017

TUGAS TIK WEBLOG


TUGAS WEBLOG



1.      Macam-Macam Aplikasi Web Blog
1. Joomla!
Jomla merupakan alah satu CMS open source yang sangat terkenal dan mudah digunakan. joomla menggunkan bahasa php dan basis data mysql. saat ini jomla mempunyai beberapa versi hingga versi terahir yaitu ver. 1.6.3 yang di rilis pd 18 April 2011
2. Drupal
Menurut wisnu, drupal merupakan CMS terbaik setelah wordpress dan joomla, Drupal merupakan CMS open source selain joomla, dibawah lisensi GPL. Drupal dirawat dan dikembangkan oleh para komunitas Drupal di seluruh dunia. Drual merupakan CMS yang relatif lengkap dibanding joomla, karena memiliki banyak menu-menu yang memusingkan bagi wisnu sebagai pemula.
3. WordPress
WordPress salah satu CMS opersource yang paling digemari di dunia,  biasanya digunakan untuk mesin blog(blog engine). wordpress menggunakan bahasa pemrograman pho dan database mysql. WordPress termasuk cms yang user frienly dibandingkan dengan joolam dan drupal. wisnu telah menggunaka wordorees muntuk dugunakan membuat blog : winusuhoko.wordpress.com
4. Aura CMS
Aura CMS merupakan CMS buatan anak indonesi , CMS ini masih bnyak mempunyai kekutrangan patut kita banggakan bansa kita mampu bersaing dengan negara lain.
5. Silverstripe CMS
SilverStripe adalah CMS mempunyai fitur  lengkap dan mampu menyediakan adapa yang wisnu butuhkan. CMS ini dibangun memggunakan bahasa pemrograman php dandatabase  Sapphire. SilverStripe mempunyai bnyak pendukung aplikasi dan dapat membantu parapengembang untuk lebih berkarya. SilverStripe di rilis pada bulan November tahun 2006 oleh beberapa orang team yang ahli di bidang OpenSource.
6. Expression Engine
Expresion Engine wisnu masukkan ke daftar 10 CMS, karena merupakan CMS berbayar, Expression Engine merumpunyai keunggulan dalam bidang security dan keamanan.
7. Mambo
Mambo adalah cms yang hampir mirip dengan joomla, dann memeang dari info yang wisnu dapat.. Mambo merupakan Cms Joomla yang berbayar.. Menu dan fasilitas yang disediakan juga hampir mitip dengan joomla, sehingga tamplate pada joomla dapat dipasang di dalam CMC MAmbo.
8. XOOPs
Xoops CMS opensource, mempunyai banyak macam tamplate dan menu yang kuang enak digunakan bagi pemula, merupakan CMS populer dibawah Drupal. Mempunyai forum managemen yang bagus
9. Oscommerce (opensource)
Merupakan CMS berbasis  E-Commerce . Oscommerce merupakan salah satu e-commerce cms yang paling populer karena mempunyai lisensi opensource, dan juga didukung oleh public contributor yang menyediakan berbagai tambahan module/plugins untuk pelengkap e-commerce.Oscommerce mempunyai forum yang cukup lengkap untuk membantu para pengguna yang mengalami kesulitan. Customize template disediakan secara dijual terpisah oleh beberapa vendor.
10. AuraCMS (opensource) | Indonesia CMS
Aura CMS adalah CMS buatan Indonesia, merupakan CMS yang mudah digunakan dan sangat membantu. Mudah dalam instalasi, kemudian panel controlnya tidak terlalu ribet dan forum nya berbahasa Indonesia.
22. Fasilitas yang Ada di Blogger
1. Ikhtisar
Disini sobat dapat melihat jumlah komentar yang belum di moderasi, jumlah komentar yang diterbitkan, jumlah post yang diterbitkan, berita - berita baru blogspot dan lainnya.
2. Post
Istilah post merupakan sebuah tulisan kita/bisa juga disebut dengan Entri, disini sobat bisa mengedit, menerbitkan post - post blog sobat.
3. Laman
Disini sobat dapat membuat, mengedit Laman. Laman yang artinya halaman statis.
4. Komentar
Disini sobat dapat melihat komentar - komentar pengunjung sobat terdapat 2 submenu yaitu:
·         Diterbitkan: komentar pengunjung yang diterbitkan
·         Spam: komentar pengunjung yang di sembunyikan karena ada yang melapor karena merasa tidak terima (dihina) atau tidak sesuai dengan pertaruan kometntar sobat.
5. Statistik
Tempat dimana  sobat  bisa melihat berapa pengunjung blog  sobat  4 submenu yaitu:
·         Overview: grafik pengunjung  sobat
·         Posts: Post yang sering dilihat
·         Traffic Sources: disini  sobat  dapat melihat pengunjung datang dari mana
·         Audience: tempat untuk melihat asal pengunjung  sobat  
6. Tata Letak
Tempat dimana  sobat  dapat mengubah letak - letak widget.
7. Template
Tempat dimana sobat dapat mengutak - atik Template blogger sobat. Sobat dapat mengubah template custom atau template official blogger.
8. Setelan
Menu ini merupakan menu dimana semua settingan blog sobat seperti Nama Blog, alamat blog, jumlah postingan dll disini terdapat 9 sub menu yaitu:
·         Dasar: ini merupakan pengaturan dasar untuk menentukan link, pencarian searh engine Google, email, dan lain sebagainya dalam blog.
·         Penerbitan: ini merupakan sub fasilitas Settings yang menginformasikan tentang domain atau daerah publikasi blog sobat. Secara default, blog sobat terpublikasikan dalam domain blogspot.com. jika sobat menghendaki domain lain untuk mempublikasikan blog sobat, maka sobat bisa menggunakan Custom domain. dengan custom domain, sobat bisa memciptakan domain untuk alamat blog sobat sendiri. namun penggunaan Custom domain ini tidak lah gratis seprti domain blogspot.com. sobat diwajibkan untuk membeli dan mendaftarkan domain sobat tersebut ke Google partner yang ketentuannya dapat sobat lihat dengan meng-klik link Custom Domain dan konten sub fasilitas publishing.
·         Format: merupakan pengaturan untuk menentukan jumlah post yang ditampilkan dalam blog, tanggal, index, arsip, dan lain sebagainya.
·         Komentar: merupakan subfasilitas untuk mengatur setiap komentar yang masuk ke dalam blog sobat. Pada subfasilitas ini, sobat bisa mengatur siapa saja orang yang bisa memberikan komentar pada blog sobat dengan menampilkan profil dari orang yang memberikan komentar, dan lain sebagainya.
·         Arsipkan: merupakan subfasilitas untuk mengatur frekuensi pengarsipan post-post yang sobat publikasikan jika sobat aktif menulis dan menerbitkan post ke dalam blog sobat, maka sobat perlu melakukan pengaturan pada subfasilitas ini agar post-post yang sobat publikasikan dapat terkelompokkan atau tertata dengan baik.
·         Feed Situs: merupakan subfasilitas yang berfungsi sebagai mesin pembaca dalam blog  sobat  yang bisa mengambil informasi yang  sobat  butuhkan dari website atau situs lain.
·         Email & Selluler: merupakan subfasilitas yang digunakan untuk membuat post malalui email. untuk melakukan hal tersebut, terlebih dahulu  sobat  harus mengatur alamat Mail-to-Blogger sehingga post yang  sobat  buat via email dapat terpublikasi dalam blog  sobat  dan mengedit tampilan blog  sobat  ketika di buka di handphone
·         OpenID: merupakan sub fasilitas yang digunakan untuk mengatur identitas orang-orang yang memberikan komentar pada blog  sobat .
·         Izin: merupakan subfasilitas yang berfungsi untuk mengatur atau menentukan siapa saja yang bisa menjadi penulis dan pembaca blog sobat

33.   Kapan dan siapa yang mengembangkan :
·     Blogger :Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbukayang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
·        Wordpress :dikembangkan oleh, Wordpress Foundation pada tanggal 27 Mei 2003.
·    Multiply :dikembangkan oleh Peterpezaris, Michael Gersh, David Hersh, dan James Price pada bulan desember 2003.

44.  Jenis-Jenis Blog

I. Jenis-Jenis Blog Berdasarkan Platform:

1. Free Blog
Free Blog utawa Blog Gratisan ini biasanya lebih banyak digunakan buat para blogger personal atau sekedar nyalin artikel informasi (ada juga sih beberapa lembaga atau perusahaan yang pake blog gratisan). Jenis Free Blog ini seperti: Blogspot (Blogger), Wordpress, dll.
2. Self-Hosting Blog
Self-Hosting utawa berbayar. Mulai dari nama Blog (Domain) yang harus beli per setahun/dua tahun. Dan untuk mengaktifkan-nya harus memakai Hosting yang juga mesti bayar per-bulan/per-tahun. Yang make Self-Hosting Blog ini, ada beberapa personal blog, blog lembaga atau perusahaan, blog bisnis atau online shop, dll. Jenis Self-Hosting ini seperti: Wordpress.org, Joomla, Drupal, dll.
3. Citizen Journalism Blog
Dan yang ketiga adalah Citizen Journalism Blog, atau kalo gue bilang sih kaya Blog yang numpang di Website. Sebuah Blog yang ada disebuah website dan memakai nama-blog (nama domain) yang mengikuti nama website yang menyediakan.
Jenis Citizen Journalism Blog ini seperti: Blogdetik.com, Kompasiana.com, dulu ada Friendster.com, dll.

II. Jenis-Jenis Blog Berdasarkan Isi (Konten) atau Tema:

1. Blog Pribadi (Personal Blog = Catatan Pribadi -Curhat-)
Seperti namanya Blog Pribadi, isinya ya tentang catatan pribadi aja sih. Mulai dari curhat gak jelas, nyeritain sesuatu hal versi pribadi, nulis-nulis puisi, dan sejenisnya lah. Yang intinya nulis apa aja yang dirasain, dialamin, diketahui, dan apa aja yang pengen ditulis.
2. Blog Umum (General Blog)
General alias Umum, berari sebuah Blog yang berisi berbagai macam topik. Mulai dari tulisan atau catatan pribadi, nyalin/nyontek artikel tulisan dari sumber lain (blog/majalah/koran/dll), berbagai tema seperti puisi, tips, kesehatan, berita, gambar/foto, video, musik, olahraga, politik dan apapun itulah. Kalo gue bilang sih, blog ini masuk dalam Jenis BLOG RAKUS (gue sendiri punya beberapa blog umum).
3. Blog Bertema Khusus (Niche Blog)
Blog jenis ini bisa dibilang sebagai blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu. Misalnya:
- Blog Kesehatan
- Blog Tips
- Blog Tutorial
- Blog Daftar (Blog List)
- Blog Olahraga
- Blog Mode (Fashion Blog)
- Blog Agama
- Blog Berita
- Blog Politik
- dan lainnya
Sebuah blog yang hanya membahas tentang satu tema aja, kebalikan dari Blog Umum gitu lah.
4. Blog Review
Blog review merupakan jenis Blog yang memberikan review mengenai berbagai hal atau sesuatu. Misalnya review mengenai produk terbaru (gadget, ponsel, laptop, dll), jasa atau media, review tentang film (sinopsis, pemain, poster, dll) dan sejenisnya. Biasanya blog jenis ini menjadi sebuah referensi bagi para pembaca/pengunjung terhadap hal/sesuatu yang di review tersebut.
5. Blog Video (Vlog = Video Blogging = Vlogging)
Seperti namanya, Blog jenis ini berisi konten utama berupa video-video. yang berpotensi dicari oleh banyak pengguna search engine, Sebuah Blog tempat si blogger memasukan atau bersarangnya para video. Dengan kategori tertentu, kategori umum semua jenis video dari situs streaming video youtube dan sejenisnya, atau video yang dimiliki sendiri hasil rekaman di handphone atau camera digital (handycam).
6. Blog Photo (Phlog = PhotoBlog)
Hampir sama dengan video blogging, tapi Blog ini isi konten utamanya berupa Foto-Foto, atau bisa juga disebut Blog Album. Blog yang merupakan tempat atau album yang berisi kumpulan foto-foto, entah itu hasil karya dari si pemilik Blog sendiri, ataupun gambar/foto lainnya yang diambil dari Blog lain atau internet. Blog ini biasanya dimiliki seorang blogger yang suka gambar/foto, atau para penggemar fotografi yang ingin mempublikasikan karya-karyanya di internet.
7. Blog Musik (AudioBlog)
Audio Blog atau Blog Musik merupakan jenis Blog yang berisi konten atau info tentang musik. Mulai dari file lagu mp3, review tentang nama penyanyi atau grup band, berita informasi mengenai lagu, lirik lagi, chord lagu, alat musik atau tentang musik dan lagu lainnya.
8. Blog Down-load
Blog Jenis ini kayanya sebuah blog yang mungkin paling dicari para pengguna internet. Karna blog ini berisi berbagai hal yang bisa di down-load oleh para pengunjung. Mulai dari rekaman vokal pribadi, lagu MP3, foto video atau film, konten atau artikel, atau apapun yang memungkinakan file-nya bisa di down-load gitu lah.
9. Blog Link (Blog Tautan)
Blog jenis ini biasanya berisi tautan/link menuju ke situs atau Blog lain. Kadang ada yang cuma berisi link tautan doang, tapi ada beberapa yang menyertakan sedikit review/ulasan yang kemudian di tautkan atau dilink-kan ke we/blog lain.
10. Blog Survei (Voting Blog)
Blog jenis isi adalah blog yang biasanya memuat konten, entah itu berupa angka dan data yang digunakan untuk menilai berbagai hal yang disajikan untuk dipilih atau disurvei (Voting) oleh para pengunjung, sehingga memperoleh hasil yang berupa sebuah persentase.
11. Blog Bisnis (Online Shop)
Blog jenis ini bisa dibilang merupakan blog yang khusus untuk para pengusaha atau pebisnis di Internet. Blog yang disebut juga Blog Online Shop ini, sekarang udah banyak dan semakin banyak seiring banyaknya pengusaha yang mempromosikan usahanya di Internet. Misalnya memasarkan produk tertentu (fashion, obat, alat, tips, makanan, dan sejenisnya).
12. Blog Iklan
Blog ini merupakan jenis Blog yang isi konten utamanya adalah iklan. Berisi berbagai iklan-iklan sebuah produk, jasa, dan sejenisnya, atau sebuah Blog yang menyediakan tempat pemasangan iklan. Para pengusaha/pebisnis yang mempunyai blog biasanya akan memasang ikan di blog ini, dan kemudian blog ini akan bekerja sama dengan blogger lain untuk pemasangan script iklan. (berbeda dengan Blog yang hanya menyediakan space iklan pada sebagian ruang Blog)
III. Jenis Blog Musuh Blogger (Common Enemy Blogger)
Yaps, ada juga jenis Blog lain yang menjadi musuh para blogger, atau masuk dalam blog yang menjadi "Common Enemy" Blogger, yaitu:
1. Blog Pengganggu (Spam Blog, Splog)
Blog ini hanya berisi tulisan yang "Menipu" untuk kepentingan PageRank. Biasanya pake Auto-Content gitu, yang kalo ga salah namanya Blog AGC (Auto Generator Content). Biasanya si Bloggernya "Blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan Link Aktif atau Link Hidup (Live Link), yang seringnya komentar GAK SESUAI topik pembahasan.
2. Blog Copas (Copy-Paste)
Nah ini nih, bisa dibilang musuh, tapi bisa dibilang juga emang udah jadi bumbu pedes bagi para blogger di dunia blogging. Karna ada aja blog yang berisi copasan blog lain, entah itu copas manual (block-copy-paste), ataupun yang memakai script otomatis ngopas (entah apa lah itu namanya).

55.  Istilah-Istilah Dalam Blog     :

     -  Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis. Selain itu blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan dengan kesamaan tertentu, misal : kesamaan daerah, kesamaan sekolah, kesamaan hobi, dan kesamaan lainnya. Untuk bisa bergabung dengan sebuah komunitas blogger biasanya ada syarat tertentu misalnya berasal dari daerah tertentu. Dan blogger ini bisa diartikan orang yang suka menulis artikel pada blog.
    - Blogging adalah suatu cara kita mengkomunikasikan sebuah gagasan pikiran atau ide kita, lalu menuangkannya kedalam sebuah blog untuk dijakan sebuah artikel atau postingan. Seberapa besar kemampuan kita dalam berkomunikasi akan sangat menentukan kesuksesan dan kepopularitasan dalam sebuah blogging. Biasanya para blogger pemula melakukan aktifitas blogging dengan mengisi sebuah buku tamu, mereka menyimpan atau menempelkan sebuah link blog mereka masing-masing dan mengharapkan sebuah kunjungan ke blog mereka, atau dengan cara berkomentar untuk medapatkan sebuah komentar balik disalah satu artikelnya. Cara ini memang sangat efektif dan Relevan untuk dilakukan oleh seorang blogger pemula yang belum memiliki kepopularitasan masing-masing.
    - Blogroll adalah daftar link blog eksternal yang dipasang dalam suatu blog. Link-link blog eksternal yang dipasang biasanya adalah daftar atau list anggota tukar link yang sama-sama salingmemasang link di masing-masing blognya atau juga bisa dikatakan sebagai daftar link sahabat dan link-link penting.
    - Blogosphere adalah kumpulan dari seluruh blog atau weblog yang saling tersambung di jagat internet ini. Blogosphere pertama kali dicetuskan oleh Brad L. Graham sebagai sebuah lelucon di tahun 1999. Dan dimunculkan kembali oleh William Quick di tahun 2002. Di dalam blogosphere kita bisa menemukan segala macam informasi yang telah di-share oleh para pengguna internet melalui media blog atau weblog. Di dalam blogosphere juga bisa terjadi kejahatan/kecurangan seperti spam, penipuan dan segala hal berdosa lainnya.

6 .Cara Memposting Artikel ke dalam Blog   :

1.      Buka alamat berikut www.blogger.com
2.      Masukkan alamat email dan password sobat, lalu klik Masuk 
3.      Kemudian akan dibawa kehalaman home blog sobat lalu pilih Entri baru seperti pada gambar 
4.      Setelah itu akan muncul halaman lembar kerja baru yang masih kosong, halaman inilah yang nanti anda gunakan untuk membuat postingan atau tulisan anda 
5.      Selanjutnya tuliskan artikel yang akan anda buat seperti contoh pada gambar, lulu klik Publikasi untuk menampilkan artikel sobat
6.      Sekarang postingan anda sudah selesai tinggal mengecek di alamat blog anda, klikLihat blog seperti pada gambar dan anda akan melihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar